Review dan Harga Asus Zenfone Ares Smartphone Dengan Segudang Fitur

Belum lama merilis sebuah smartphone gaming bernama ROG Phone, kini Asus kembali menggemparkan jagat gadget dengan merilis sebuah smartphone gaming baru yang bernama Zenfone Ares.


Smartphone yang satu ini memang terdengar sangat asing ditelinga kita, mengingat smartphone ini memang belum dikeluarkan oleh Asus khususnya di Indonesia, dan baru diluncurkan di negara aslinya Taiwan pada Juni 2018 lalu, Asus Zenfone Ares merupakan sebuah smartphone Mid-Range atau kelas menengah dengan spesifikasi yang sangat mumpuni.

Memiliki processor yang sangat, RAM yang lega serta memiliki kamera dengan resolusi yang tinggi, tidak hanya itu ada sebuah teknologi baru pada smartphone ini dimana, smartphone ini mempunyai sebuah fitur AR (augmented reality) dan VR (virtual reality) serta memiliki beberapa keunggulan lainnya, lalu bagaimana sih spesifikasi lengkap dan harga smartphone ini? berikut ulasannya.

Review Asus Zenfone Ares


1. Desain Bodi



Desain bodi pada Zenfone Ares ini terlihat sangat garang, dengan mengusung rangka yang terbuat dari material metal dan polycarbonate. Tampilannya ini sangat unik dan mirip seperti topeng, dimana terdapat sebuah alumunium persegi panjang yang tersemat di kameranya, tidak hanya itu pada setiap sudut smartphone ini terlihat seperti terpotong tegas dan pada bagian punggung terlihat seperti melengkung, dimana desain ini hampir mirip merupai Asus Zenfone 2 Laser.

Bodi pada Asus Zenfone Ares juga memiliki dimensi yang cukup besar dimana memiliki dimensi 158.6 x 77.4 x 7.9 dengan bobot sekitar 170 gram, serta memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 5.7 inci.

2. Tampilan Layar

Layar pada smartphone ini juga sangat menarik untuk kita bahas, dengan mengusung layar sebesar 5.7 inch, dan juga diadopsi dari teknologi Super AMOLED beresolusi UHD+ 2560 x 1440 piksel serta memiliki kerapatan 515 ppi, dengan teknologi Super AMOLED ini membuat kamu akan semakin nyaman melihat layar pada smartphone ini.

Ada satu teknologi yang dinilai mampu meningkatkan visibilitas layar diluar ruangan, teknologi tersebut bernama Tru2life, dimana dengan teknologi ini kita tidak akan terganggu dengan cahaya yang terik seperti paparan sinar matahari.

Namun ada beberapa hal yang sangat disayangkan dari smartphone ini, dimana layar pada Zenfone Ares ini tidak memiliki layar kekinian, yaitu Full View Display 18:9, dan hanya memiliki rasio 16:9 saja, padahal jika teknologi Super Amoled dipadukan dengan layar kekinian yaitu fullview display, bisa membuat smartphone ini semakin sangar, dan tak lupa juga ada satu pelindung layar khusus pada smartphone ini, yaitu Gorilla Glass 4.

3. Sektor Kamera

Walaupun smartphone ini merupakan smartphone kelas menengah atau Mid-Range, namun kualitas kamera pada smartphone ini sangatlah mantap, terbukti dengan adanya kamera dengan resolusi tinggi yaitu 23 Megapiksel dengan Apreture f/2.0, ditambah sensor pada smartphone ini sudah menggunakan sensor Sony IMX318 Exmor RS, serta dengan banyak fitur lainnya seperti 2nd gen laser autofocus, motion tracking dan lain sebagainya.

Kamera pada smartphone ini mampu mengambil gambar dengan resolusi 5488 x 4096 piksel dan sanggup merekam video hingga resolusi 3160 x 2160 piksel dengan kecepatan @30 fps. Tidak hanya itu ada satu fitur tambahan yaitu smartphone ini memiliki teknologi PixelMaster 3.0 dimana teknologi ini bisa melacak gerakan dan depth sensing yang berfungsi untuk merekam informasi 3D dan memaksimalkan ke penggunaan AR (augmented reality).

Lalu bagaimana dengan kamera depan?

Kamera depan pada smartphone ini juga tak kalah garang, dimana pada kamera depan smartphone ini mengandalkan kamera dengan resolusi 8 megapiksel dan memiliki aperture f/2.0, serta sudah mendukung fitur Wide Angle lens-85°, namun sayang pada kamera depan smartphone ini tidak memiliki LED Flash.

4. Processor dan Memori Garang Layaknya Smartphone Gaming

Tidak hanya kameranya saja yang memiliki banyak fitur, pada sektor chipset atau processor, smartphone ini memiliki spesifikasi yang sangat garang, dimana smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 821 (MSM8996 Pro), serta mempunyai clockspeed 2x 2.0 Ghz Kryo.

Tidak hanya itu, pada sektor memori, smartphone ini sudah disisipkan memori RAM sebesar 8GB LPDDR4 Double Channel, serta memiliki memori internal yang lega sebrsar 128 GB dan didukung dengan slot memori microSD yang bisa mendukung hingga kapasitas 2TB, lalu pada pengolah grafis, smartphone ini menggunakan GPU Adreno 530.

5. Sistem Operasi

Sayang pada smartphone ini tidak menggunakan sistem operasi terbaru Android Oreo 8.0 melainkan hanya menggunakan sistem operasi versi Nougat 7, padahal jika menggunakan sistem operasi Oreo bisa lebih efisien dalam penggunaan baterai, serta memiliki banyak fitur ketimbang Nougat.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Asus Zenfone 5Z Terbaru

4. Baterai Serta Kelebihan Fitur Lainnya

Baterai pada smartphone ini juga sangat lumayan, dimana Asus Zenfone Ares menggunakan baterai Li-Polymer sebesar 3300 mAh serta sudah didukung fitur Qualcomm Quick Charge 3.0, tidak hanya itu untuk masalah keamanan smartphone ini juga sudah menggunakan fingerprint.

Harga dan Spesifikasi Lengkap Asus Zenfone Ares

Dengan melihat spesifikasi dan juga banyak nya fitur diatas, lalu menurut anda berapakah harga smartphone ini? Di Taiwan, smartphone ini dibanderol dengan harga $333 atau setara dengan Rp.4.6 jutaan, namun belum kita tidak tahu, apakah smartphone ini akan masuk ke Indonesia atau tidak, dan berikut adalah spesifikasi lengkapnya.

UMUM
HargaPerkiraan Rp 4,6 jutaan (8GB RAM / 128GB Storage)
StatusRilis
Tahun RilisJuni 2018
JARINGAN
SIMNano Dual SIM (Dual standby)
TeknologiGSM / HSPA / LTE
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA, LTE
DESAIN
Dimensi158.6 x 77.4 x 7.9
Berat170 gram
BuildMetal, Polycarbonate
WarnaHitam
LAYAR
JenisSuper AMOLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.7 inci
Resolusi2560 x 1440 piksel (UHD+)
Rasio16:9 (fullview)
Kerapatan515 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass 4
PLATFORM
OSAndroid Nougat 7.0 (ZenUI 3.0)
ChipsetQualcomm Snapdragon 821 (MSM8996 Pro) 14nm (nanometers)
CPUQuad-core 2x 2.35 Ghz Kryo, 2x 2.0 Ghz Kryo
GPUAdreno 530
RAM8 GB (LPDDR4 Double Channel, 1866 Mhz)
PENYIMPANAN
Internal128 GB
EkspansiYa, microSD sampai 2000GB (2TB)
KAMERA UTAMA
Sensor23 MP (Sony IMX318 Exmor RS)
Lensaf/2.0
LED FlashYa, Dual-LED Flash
Video3840 x 2160 piksel @30fps
Fitur- Phase detection
- 2nd gen laser autofocus
- Contras autofocus
- 4-axis, 4 stop OIS
- 6-element lens
- Blue filter glass
- Motion tracking camera
- Depth sensing camera
- Autofocus
- Continues Shooting
- Digital Zoom
- Digital Image Stabilization
- Optical Imagae Stabilization
- Geotagging
- Panorama
- HDR
- Sentuh Fokus
- Deteksi wajah
- White balance settings
- ISO Settings
- Exposure Compensation
- Self timer
- Scene mode
- Macro mode
- RAW
KAMERA DEPAN
Resolusi8 MP
Lensaf/2.0
LED FlashTidak
Video1280 x 720 piksel @20fps
FiturWide angle lens - 85°
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 a/b/g/n, Dual Band, Direct, Hotspot
Bluetooth4.2
USB2.0 tipe-C, USB On-The-Go
Radio-
GPSYa, dengan A-GPS, BeiDou, GLONASS
Infra MerahYa
NFCYa
BATERAI
JenisNon-removable Li-Polymer
Kapasitas3300 mAh
Pengisian CepatYa, Qualcomm Quick Charge 3.0
FITUR
KeamananFingerprint
SensorAccelerometer, light, gyroscope, proximity, compass, barometer
3.5mm jackYa
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/Flac
Pemutar VideoXviD/MP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer



Sudah mengetahui fitur, spesifikasi dan harganya? Bagaimana apakah anda berminat untuk meminang smartphone ini jika masuk ke Indonesia? silahkan berikan komentar anda, dan jangan lupa untuk sebarkan artikel ini agar saya bisa update artikel bermanfaat lainnya.


EmoticonEmoticon