Harga dan Spesifikasi Lengkap LG G7 ThinQ Terbaru - Smartphone Dengan Spesifikasi Gahar

Harga dan Spesifikasi Lengkap LG G7 ThinQ Terbaru

Perusahaan elektronik asal Korea LG merupakan salah satu merk yang sudah malang melintang di pasar Indonesia, selain produk elektronik seperti AC dan kulkas, LG juga merilis berbagai macam smartphone Android. Pada pertengahan kuartal kedua ditahun 2018, LG kembali merilis sebuah smartphone flagship baru dengan spesifikasi yang gahar, yaitu LG G7 ThinQ.

Smartphone yang satu ini sangat menarik untuk kita bahas, karena pada smartphone ini tersemat sebuah Chipset Processor yang sangat gahar, yaitu Snapdragon 845. Smartphone ini memiliki banyak sekali fitur terbaru yang belum kita ketahui.

Salah satu fitur yang menarik pada smartphone ini adalah, adanya sebuah teknologi AI (Artifical Intelligence) atau bisa disebut kecerdasan buatan. Fitur ini memungkinkan kita untuk berinteraksi lebih dengan LG G7 ThinQ dimana kita bisa mengoperasikan smartphone ini hanya dengan menggunakan suara, lewat fitur Voice AI.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang spesifikasi hargam  dan juga fitur lainnya, berikut saya sudah memberikan review singkat smartphone ini.

Review Singkat LG G7 ThinQ


Desain Body dan Layar

Desain body pada smartphone ini sangat menarik untuk kita bahas, seperti beberapa smartphone flagship lainnya, bahwa kini tengah ngetren sebuah smartphone dengan poni atau notch yang mirip sekali dengan desain dari iPhone X.

Sectoredwin - Harga dan spesifikasi lengkap LG G7 ThinQ


Nah pada smartphone ini juga memiliki sebuah notch yang sangat mirip dengan iPhone X. Sekilas desain tampilan belakang pada smartphone ini tidak terkesan mewah, dan hampir mirip dengan desain Xiaomi.

Namun jangan salah, smartphone yang memiliki ukuran layar 6.1 Inch ini sudah dilengkapi dengan pelindung Gorilla Glass 5, dan sudah memiliki IP 68 anti air yang bisa bertahan hingga 30 menit di kedalaman 1.5 meter.

Layar berukuran lapang 6.1 inci yang diusungnya, diadopsi dari panel IPS LCD layar sentuh kapasitif kedalaman 16 juta warna berbingkai tipis dengan resolusi 3120 x 1440 piksel. Hal yang unik pada layarnya ini, yakni mempunyai aspek rasio sedikit lebih besar dari sebagian smartphone flagship sekelasnya, yaitu 19.5:9. Perpaduan teknologi ini, diklaim mempunyai tingkat kecerahan dan kontras tinggi.

Tidak berhenti hingga disitu saja, selain menyuguhkan layar beresolusi tinggi dengan tampilan penuh (fullview), layar G7 ThinQ juga diberikan beberapa fitur unggulan, termasuk DCI-P3 coverage, Dolby Vision/HDR10 compliant, Always-on display.

Memiliki Dapur Pacu Yang Gahar

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa smartphone ini memiliki spesifikasi yang sangat gahar, dimana pada processornya smartphone ini menggunakan Qualcomm SDM845 Snapdragon 845, Octa-core (4x2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4x1.7 GHz Kryo 385 Silver) serta menggunakan GPU 630.

Tidak hanya itu, smartphone ini sudah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Android 8.0, dan juga karena ini adalah smartphone Flagship, yang artinya untuk beberapa tahun kedepan smartphone ini masih mendapat dukungan penuh terutama dalam hal software, dan mendapatkan update Android 9.0 (P).

Memiliki Ukuran Memori Besar

Pada sektor memori, smartphone ini memiliki dua varian memori, yaitu ukuran memori 64 GB, 4 GB RAM dan 128 GB, 6 GB RAM. Tidak hanya itu smartphone ini juga mendukung microSD yang bisa menampung hingga ukuran 512 GB.

Namun sayang ada satu kelemahan terutama pada bagian slot memory card, dimana pada varian dual sim, anda harus mengorbankan satu slot sim jika anda ingin menggunakan memory card, namun jika anda menggunakan varian single sim, maka anda tidak perlu mengorbankan slot SIM.

Dual Kamera Gahar dengan Fitur AI Cam


LG G7 ThinQ ini memiliki ukuran kamera yang sangat gahar, yaitu dual kamera berukuran 16 MP dengan aperture f/1.6 + 16 MP dengan sudut tangkapan wide-angle 120 derajat pada kamera utamanya, tidak hanya itu ada beberapa fitur lain berupa OIS, laser, PDAF phase detection autofocus serta LED Flash. Ada satu fitur yang sangat menarik pada smartphone ini, yaitu AI Cam. Fitur ini mampu mengenali objek lalu merubahnya kedalam bentuk aneka macam saturasi dan juga warna yang lebih menarik.

Hasil Kamera LG G7 ThinQ


Software kamera pada smartphone ini juga sangat bervariasi, didalamnya terdapat mode malam khusus, yang bernama Super Bright Camera, apa fungsinya? Software ini berfungsi untuk menghasilkan foto-foto yang kita ambil pada malam hari menjadi lebih terang dan mengurangi Noise. Software ini juga didukung dengan adanya pixel binning-the light gathered yang merupakan penggabungan oleh empat piksel menjadi satu ketika proses penangkapan objek ditempat minim cahaya.

Lalu pada kamera depan, smartphone ini sudah menggunakan kamera berukuran 8 MP dengan tipe lensa Wide, artinya kamera depan pada smartphone ini sangat cocok untuk digunakan selfie beramai-ramai, karena menampilkan view yang lebih luas.

Kapasitas Baterai

Namun sayang ada satu hal yang membuat smartphone ini sangat kurang, dimana smartphone ini hanya dibekali dengan baterai berukuran 3000 mAh saja. Padahal untuk ukuran smartphone flagship, seharusnya kapasitas baterai memiliki ukuran yang besar, paling tidak 4100 mAh.

Terlebih lagi smartphone ini menggunakan ukuran yang sangat besar, yaitu 6.1 inci, dengan ukuran layar yang begitu besar, sudah pasti membutuhkan daya yang besar. Ditambah processor pada smartphone ini sudah sangat gahar, ekspektasi kita sebagai pemakai sudah tentu akan digunakan untuk menjalankan aplikasi berat, tapi dengan ukuran baterai yang sangat kecil, tentu akan membuat baterai menjadi sangat boros.

Namun walaupun memiliki kapasitas baterai yang kecil, smartphone ini juga sudah mendukung fitur Quick Charge 3.0 dan juga wireless charging, namun menurut saya pribadi, fitur tersebut tidak cukup untuk menutupi kekurangan yang tertera pada baterai tersebut.

Baca Juga: Kumpulan Harga dan Spesifikasi Smartphone

Memiliki Banyak Fitur Lainnya

Walaupun memiliki kapasitas baterai yang kecil, namun faktanya smartphone ini banyak sekali memiliki fitur, diantaranya smartphone ini sudah mendukung koneksi 4G LTE dimana jika terhubung pada koneksi LTE-A (3CA) kategori 16, maka kecepatan downloadnya mencapai 1024 Mbps (1 Gbps) dan upload hingga 150 Mbps. Sedangkan pada koneksi HPSA / 3G, kecepatan downloadnya sanggup menembus kecepatan 42.2 dan 5.76 Mbps untuk upload.

Lalu pada sektor kemanan, smartphone ini sudah menggunakan sensor fingerprint serta sudah mendukung fitur face unlock, untuk mengetahui harga beserta spesifikasi detailnya, berikut saya sudah menampilkan tabelnya.

Harga LG G7 ThinQ dan Spek Detail


LG G7 ThinQ
HARGA
Baru8.9 juta
LAUNCH 

Mei 2018



JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMSingle / Hybrid Dual SIM
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bandsHSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100
4G bandsLTE
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 1024/150 Mbps (3CA Cat16)
GPRSYa
EdgeYa
DESAIN
Dimensi153.2 x 71.9 x 7.9 mm
Berat162 gram
Build- Depan kaca
- Belakang kaca
- Bingkai aluminium
WarnaPlatinum Gray, Aurora Black, Moroccan Blue, Raspberry Rose
FiturIP68 certified (tahan debu/air kedalaman 1.5 meter selama 30 menit
MIL-STD-810G compliant
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.1 inci
Resolusi1440 x 3120 piksel
Rasio19.5:9
Kepadatan564 ppi
MultitouchYa
PerlindunganCorning Gorilla Glass 5
FiturAlways-on display
100% DCI-P3 coverage
Dolby Vision/HDR10 compliant
PLATFORM
OSAndroid Oreo 8.0
ChipsetQualcomm Snapdragon 845
CPUOcta-core (4x2.8 GHz Kryo 385 Gold dan 4x1.7 GHz Kryo 385 Silver)
GPUAdreno 630
RAM6GB / 4GB
PENYIMPANAN
Internal128GB / 64GB
EkspansiYa, microSD hingga 512GB (hybrid slot SIM2)
KAMERA UTAMA
SensorDual: 16 MP + 16 MP
Lensaf/1.6 + f/1.9
Fitur HardwareOIS, laser, PDAF, phase detection autofocus, LED flash
Fitur SoftwareGeo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama,
Video1080p@30/60fps, 2160p@30fps, dengan fitur HDR, 24-bit/192kHz stereo sound rec
KAMERA DEPAN
Sensor8 MP
Lensaf/1.9
VideoFull HD 1920 x 1080 piksel
SUARA
Jenis AlertVibrasi, MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYa
3.5mm jackYa
Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
32-bit/192kHz audio
DTS-X sound
KONEKTIVITAS
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX HD
USB3.1, Tipe-C 1.0, USB On-The-Go
NFCYa
RadioFM radio
GPSA-GPS, GLONASS, BDS
SENSOR
FingerprintYa, punggung ponsel
AccelerometerYa
GyroscopeYa
ProximityYa
CompassYa
BarometerYa
BATERAI
Kapasitas3000 mAh
JenisNon-removable Li-Po
Pengisian CepatYa, Quick Charge 3.0
Pengisian WirelessWPC&PMA wireless charging (versi US)
Siap Siaga-
Talk Time-
Music Player-
FITUR
PerpesananSMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
BrowserHTML5
Photo/Video EditorYa
Document viewerYa
MP3 PlayerMP3/WAV/FLAC/eAAC+ player
MP4 PlayerMP4/DviX/XviD/H.265 player


Kesimpulan

LG G7 ThinQ memang memiliki banyak sekali fitur yang ditawarkan, dan juga memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni. Ditambah desain pada smartphone ini juga sudah sangat bagus. Namun dari harga serta spesifikasi yang ditawarkan, menurut saya pribadi smartphone ini terlalu overpriced, karena masih banyak smartphone gahar lainnya yang memiliki harga dikisaran 8 jutaan.


EmoticonEmoticon