Harga dan Spesifikasi Lengkap Nokia 6.1 Plus Terbaru - Smartphone Snapdragon 636

Harga dan Spesifikasi Lengkap Nokia 6.1 Plus Terbaru - Smartphone Snapdragon 636

Pada artikel ini saya akan memberikan review atau ulasan merk dari negara Finlandia yang dari dulu sudah terkenal. yaitu Nokia. Kali ini Nokia kembali merilis sebuah smartphone dengan spesifikasi gahar yaitu Nokia X6 atau bisa disebut Nokia 6.1 Plus, smartphone ini memiliki dua versi Nokia X6 untuk versi China sedangkan Nokia 6.1 Plus untuk versi globalnya.

Smartphone ini merupakan sebuah smartphone kelas menengah atau mid-range yang siap meramaikan pasar Indonesia, seperti yang kita ketahui, handphone ini sejak dulu sudah laris manis dipasaran, namun saat bekerja sama dengan Microsoft dan mengusung sistem operasi Windows Phone, smartphone ini mengalami kegagalan, dan tidak laku dipasaran, barulah Nokia kembali berbenah hingga melahirkan kembali beberapa seri Nokia yang menggunakan sistem operasi Android.

Desain, spesifikasi serta segala yang ada pada Nokia 6.1 Plus ini sangat menarik untuk dibahas, dimana jika kita lihat pada gambar diatas, smartphone ini memiliki sebuah notch atau poni, yang hampir mirip dengan iPhone X. Tanpa basa-basi berikut saya akan berikan ulasan singkat mengenai Nokia 6.1 Plus ini.

Memiliki Desain Kekinian

Desain pada smartphone ini terlihat sangat elegan, dimana pada bagian layar sudah disematkan layar IPS LCD berukuran 5.8 inch dan sudah dilengkapi dengan Notch atau poni diatas layar, yang hampir mirip dengan iPhone X. Seperti yang kita ketahui, sejak pertama kali diluncurkan, desain dari iPhone X memang menjadikan beberapa vendor lainnya, seperti Xiaomi, Oppo, Asus, Vivo dan beberapa merk lainnya meniru gaya desain dari iPhone X ini.
Review Singkat Nokia 6.1 Plus

Selain itu, smartphone ini mengusung layar full view display dengan rasio 19:9 yang bisa membuat anda semakin nyaman menonton video menggunakan smartphone ini, dari segi materai bodi pada smartphone ini menggunakan material alumunium yang menambah kesan premium, serta sudah menggunakan pelindung kaca Corning Gorilla Glass 3 yang bisa menahan dari segala goresan.

Kita lihat pada bagian belakang, bahwa Nokia 6.1 Plus mengusung dual kamera, dimana posisi kamera belakang nya memanjang vertical dan terdapat sensor fingerprint tepat pada bagian bawah kamera tersebut.

Dual Kamera yang Gahar

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa pada kamera belakang smartphone ini mengusung dual kamera berukuran 16 MP + 5MP yang bisa menghasilkan foto bokeh dengan kualitas yang mumpuni, tidak hanya itu smartphone ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur seperti adanya fitru gyro-EIS, LED Flash, Phase Detection Autofocus, serta beberapa fitur lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6.1 Plus

Sedangkan pada kamera selfie atau depan, smartphone ini memiliki ukuran kamera yang sangat besar, yaitu 16 MP dengan aperture f/2.0 dan juga memiliki fitur yang hampir sama dengan LG V30s ThinQ yaitu adanya fitur kecerdasan buatan (AI) dimana fituri ini bisa menghasilkan kualitas foto yang lebih jernih dan bagus.

Memiliki Processor Snapdragon 636

Smartphone ini memiliki software serta hardware yang terbaik dikelasnya, pada sektor hardware dan processor, smartphone ini menggunakan Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 dengan CPU Octa-core 1.8 GHz Kryo 260 serta menggunakan GPU Adreno 509.

Lalu pada sektor memori internal dan RAM, smartphone ini memiliki beberapa varian, dimana pada varian X6 Biasa memiliki varian, 64 GB, 4/6 GB RAM atau 32 GB, 4 GB RAM dan 64 GB, 4 GB RAM untuk varian 6.1 Plus, tidak hanya itu smartphone ini mendukung memori eksternal yang bisa menampung hingga ukuran 400 GB, namun sayang jika anda ingin menggunakan memori eksternal, anda harus mengorbankan salah satu slot sim card anda.
Sedangkan pada bagian software, smartphone ini menggunakan Sistem Operasi terbaru, yaitu Android Oreo 8.1, dimana pada versi Oreo bisa lebih hemat daya dan manajemen RAM yang baik.

Baterai Standar Namun memiliki Quick Charge 3.0

Ukuran baterai pada smartphone ini terbilang sangat standar, yaitu hanya 3060 mAh saja, walaupun terbilang sangat kecil untuk ukuran smartphone yang menggunakan Snapdragon 636, namun hal ini seperti nya tidak masalah karena smartphone ini sudah mendukung fitur fast charga Quick Charge 3.0 yang bisa mengisi baterai secara 100% dengan lebih cepat.

Untuk fitur lain yang disematkan didalam X6 selain dari sistem keamanan sensor pindai sidik jari, terdapat pula sensor accelerometer, gyroscope, proximity, compass, bluetooth, radio FM, WLAN (Wi-Fi, Wi-Fi Direct, hotspot), GPS, 3.5mm audio jack dengan penghapusan bising aktif dengan mic khusus dan masih banyak fitur lainnya.

Harga Terbaru Nokia 6.1 Plus dan Spesifikasi Lengkap


UMUM
HargaRp 3,4 jutaan (RAM 4GB + Storage 64GB) - Nokia 6.1 Plus
-
-
- 
StatusRilis
Tahun RilisJuli 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMHybrid Nano Dual SIM
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 150/50 Mbps
DESAIN
Dimensi147.2 x 71 x 8 mm
Berat153 gram
BuildDepan/belakang kaca, bingkai aluminium
WarnaHitam, Biru, Putih
LAYAR
JenisIPS LCD capacitive touchscreen, 16 Juta Warna
Ukuran5.8 Inci
Resolusi1080 x 2280 piksel
Rasio19:9
Kerapatan Piksel435 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass 3
PLATFORM
OSAndroid Oreo 8.1
ChipsetQualcomm Snapdragon 636
CPUOcta-core 1.8 GHz Kryo 260
GPUAdreno 509
RAM6GB / 4GB
PENYIMPANAN
Internal64GB / 32GB
EkspansiYa, MicroSD sampai 400GB (Hybrid Slot SIM 2)
KAMERA UTAMA
ResolusiDual: 16MP + 5MP
Lensaf/2.0, 1.0µm + f/2.2, 1.2µm
LED FlashYa
Video1920 x 1080 piksel (FHD) @30fps
FiturGiro-EIS, Phase detection autofocus, Geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah/senyum, panorama, HDR
KAMERA DEPAN
Resolusi16MP
Lensaf/2.0, 1.0µm
LED FlashTidak
Video1920 x 1080 piksel @30fps (FHD)
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 a/b/g/n/ac, direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USB2.0 tipe-C 1.0, USB On-The-Go
RadioTidak
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS
Infra MerahTidak
NFCTidak
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3060 mAh
Pengisian CepatQuick Charge 3.0
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer, gyroscope, proximity, compass
Pemutar MP3MP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar MP4MP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer

Dengan harga segitu apakah menurut anda layak untuk dibeli? Menurut saya pribadi dengan beberapa fitur yang ditawarkan, seperti Processor Snapdragon 636, ukuran RAM 4GB serta memiliki ukuran Kamera yang besar, menurut saya masih sangat layak, ya walaupun kapasitas baterai yang ditawarkan sangat standar, tapi hal itu bisa ditutupi dengan adanya fitur Quick Charge 3.0.


EmoticonEmoticon