Cara Cepat Mengumpulkan Banyak Nama File Kedalam Notepad

Cara Cepat Mengumpulkan Banyak Nama File Kedalam Notepad

Cara Cepat Mengumpulkan Banyak Nama File Kedalam Notepad - Pernah kepikiran untuk menyimpan nama file dalam 1 folder dimana folder tersebut memiliki ratusan bahkan ribuan file? Kali ini Teknopedia akan memberikan tips cepat untuk meng-copy banyak filename dalam suatu folder kedalam format teks.

Untuk tutorial ini tidak memerlukan aplikasi atau software tertentu, cukup menggunakan fitur yang sudah tersedia secara default di komputer Anda. Yup, hanya dengan bermodalkan Command Prompt, Anda sudah bisa melakukan fungsi Copy all Filenames in a Directory to a Text File.

Caranya cukup gampang, yaitu hanya bermodalkan command DIR /B /O:N > filename.txt

Tapi jika Anda masih awam (seperti saya) dengan instruksi / perintah yang ada pada Command Prompt, maka kali ini kita akan belajar sedikit banyak tentang instruksi dasar dari Command Prompt ini. Berikut ini step by step-nya.

Pertama buka command prompt Anda, dengan tekan Start > Run > ketik “CMD” (tanpa tanda kutip) dan tekan enter. Tapi Anda bisa mengambil shortcut dengan menekan 2 tombol, yaitu Windows+R > ketik “CMD” dan enter.

Setelah itu Anda akan berada pada layar hitam dengan tampilan klasik. Pada tampilan ini, Anda ketik sesuai driver yang ingin Anda tuju. Jika Anda ingin menuju drive D, maka ketik “D:” dan enter. Setelah itu Anda akan dibawa ke D:>.

Disini Anda tinggal menuju ke folder yang ingin Anda tuju. Semisal Anda ingin masuk ke folder C yang berada didalam folder B, dan folder B berada di folder A, maka Anda bisa mengetik instruksi ini: “CD ABC”.

kemudian tekan enter. Jika dalam hal ini Anda salah folder, Anda bisa mundur ke folder sebelumnya dengan mengetik “CD ..”. Dengan instruksi ini Anda akan mundur 1 folder ke belakang. Jika Anda sudah menemukan folder yang Anda cari, Anda tinggal memasukkan command ajaib untuk fungsi menyimpan banyak nama file kedalam notepad.

Pastikan Anda berada pada folder yang Anda maksud, kemudian ketik “DIR /B /O:N > filename.txt“. Instruksi ini akan menyimpan nama semua file yang berada pada direcotry/folder tersebut dan menyimpannya kedalam format teks, yang mana file teks tersebut juga tersimpan pada folder yang sama.

Mudah bukan? Dengan instruksi sederhana ini, pekerjaan Anda akan terbantu dengan cepat.
Atau jika ingin lebih cepat, bisa menggunakan cara ini:

  • Buka command prompt (ketik “cmd”)
  • Kumpulkan semua file yang ingin dikumpulkan ke dalam Library > Documents
  • Ketik: cd “Documents”
  • Ketik lagi: dir /B > filelist.txt
  • Buka file filelist.txt yang berada di Library > Documents, dan disitu terkumpul nama file yang ada pada folder Library > Documents


EmoticonEmoticon